The Place To Satisfy Every Children's Need

Gondongan


mumps


Gondongan atau bengok adalah penyakit infeksi yang disebabkan virus dengan tanda khas adanya pembengkakan pada kelenjar air liur dekat pipi dan telinga (kelenjar parotis). Gondongan (sering disebut juga dengan mumps atau parotitis) perlu dibedakan dengan gondok.

Gondok adalah suatu keadaan tubuh kekurangan yodium dan ditandai pembengkakan kelenjar tiroid di leher, sedangkan gondongan termasuk ke dalam penyakit infeksi. Penyakit ini sangat menular, melalui droplet/air liur yang keluar pada saat orang yang menderita gondongan berbicara, batuk atau bersin. Anak berusia di bawah 1 tahun sangat jarang terkena gondongan karena masih adanya antibodi dari ibunya. Selain adanya pembengkakan dan sakit di daerah dekat pipi dan telinga tersebut, tanda dan gejala lainnya yang dapat timbul pada anak dengan gondongan adalah:

Bengkak dapat satu sisi saja, tetapi juga dapat mengenai kedua sisi kiri dan kanan sekaligus. Sakit dapat berlangsung kurang lebih selama 10 hari.

Terapi gondongan tidak ada yang spesifik, gondongan pun termasuk golongan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya asalkan daya tahan tubuh diperkuat. Pemberian vitamin, obat anti-demam (seperti parasetamol), istirahat dan minum yang cukup biasanya sudah dapat menyembuhkan. Daerah pipi yang bengkak dapat dikompres dengan air hangat untuk mengurangi nyerinya. Hindari pemberian makanan yang merangsang atau asam, seperti jus jeruk atau lemon karena akan menambah sakit di daerah yang bengkak tersebut.

Antibiotik tidak diperlukan mengingat gondongan disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Komplikasi gondongan dapat berupa orkitis (radang pada buah zakar), ensefalitis (radang otak), ataupun meningitis (radang selaput otak). Namun demikian, kejadian komplikasi ini sangat jarang ditemui.

Pencegahan gondongan adalah dengan pemberian vaksin MMR (Mumps, Measles, Rubella) yang dapat digunakan untuk mencegah mumps / gondongan, measles / campak, dan rubella / campak jerman. Vaksin diberikan 2 kali yaitu pada usia 15 bulan dan diulang pada usia 6 tahun.

One comment

  1. haryanto /

    terimakasih telah memberi banyak pengetahuan tentang penyakait gondongan

Advertisement