The Place To Satisfy Every Children's Need

Herpes zoster (cacar ular)

Orangtua terkadang panik bila dokter mengatakan anaknya terkena penyakit Herpes zoster. Mereka mengira bahwa anak mereka terkena penyakit kelamin. Ternyata penyakit Herpes itu memang ada 2 jenis yang sangat berbeda, hanya nama depannya saja yang kebetulan sama. Penyakit yang mungkin lebih dikenal oleh orangtua sebagai penyakit kelamin adalah Herpes simpleks, sedangkan Herpes zoster adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Varicela zoster. Penyakit ini mungkin lebih dikenal dengan istilah awamnya yaitu cacar ular.

Tanda dan gejala yang timbul cukup khas, yaitu demam disertai timbulnya gelembung bernanah yang bergerombol di satu daerah kulit (biasanya di daerah dada atau perut, walaupun dapat juga di daerah lain). Gelembung yang timbul terasa sakit dan hanya di satu sisi (bisa kiri atau kanan). Penyakit ini termasuk penyakit yang dapat sembuh sendiri (self limiting disease), dan pemberian sirup antipiretik seperti parasetamol disertai istirahat yang cukup biasanya sudah dapat menyembuhkan.

Penyakit ini dapat ditularkan langsung dari orang lain ataupun merupakan bentuk aktivasi yang lain dari infeksi cacar air sebelumnya. Cacar air (varisela) yang telah sembuh, ternyata sebagian kecil virus tidak mati tetapi berdiam di dalam tubuh dan apabila sewaktu-waktu aktif kembali maka akan timbul Herpes zoster ini. Walaupun demikian, para orangtua tidak perlu terlalu cemas karena umumnya penyakit ini jarang menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Advertisement