The Place To Satisfy Every Children's Need

Mengukur Suhu Tubuh




temp-taking


Suhu tubuh yang normal pada anak-anak berkisar antara 36-37.2°C. Perubahan suhu ini  bergantung dari waktu dan jumlah kegiatan yang anak anda lakukan. Suhu tubuh di atas 37.2°C (pada pengukuran suhu ketiak) mengindikasikan bahwa anak anda sedang tidak sehat (demam), dan pertimbangkan untuk memberikan sirup parasetamol kepada anak anda. Segeralah bawa anak anda ke dokter bila suhunya di atas normal lebih dari 24 jam atau lebih dari 40°C.

Anda boleh mengukur temperatur anak anda kapan saja, terutama bila anak anda memiliki gejala berikut ini:
temp-taking-armpit

Pilihah cara yang anda dan anak anda paling sukai, buat catatan kecil dari hasil pengukurannya.

Anda dapat mengukur suhu tubuh anak anda di mulut, ketiak, atau di telinga. Berikut ini diterangkan masing-masing tempat pengukuran:

  • Mulut: meletakkan termometer di bawah lidah memberikan nilai terbaik untuk suhu anak, tetapi tidak untuk anak yang masih terlalu kecil karena apabila menggunakan termometer air raksa bisa tergigit dan mengeluarkan air raksa beracun. Dikatakan demam apabila pengukuran di mulut lebih dari 37.5°C.
  • Ketiak: menggunakan termometer di ketiak merupakan cara yang aman dan mudah jika anak anda dapat duduk diam untuk waktu yang cukup lama. Dikatakan demam apabila hasil pengukuran lebih dari 37.2°C.
  • Anus: cara ini cukup akurat, hanya tidak nyaman dilakukan untuk anak yang sudah besar. Dikatakan demam apabila hasil pengukuran lebih dari 38°C.
  • Telinga: ini merupakan cara yang paling cepat, tetapi hasil pengukuran terkadang menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari seharusnya. Sebaiknya ditera terlebih dahulu dengan termometer air raksa untuk mendapat hasil pengukuran yang lebih baik. Dikatakan demam apabila hasil pengukuran lebih dari 38°C.

temp-taking-mouthTermometer harus selalu dibersihkan setiap digunakan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Selalu baca dahulu petunjuk pengunaannya, karena beberapa jenis termometer berbeda cara penggunaanya.

Dari berbagai sumber.


Advertisement