The Place To Satisfy Every Children's Need

Muntah Pada Anak





muntah1

Muntah seringkali terjadi pada anak. Pada umumnya muntah pada anak jarang berbahaya dan ringan saja. Muntah merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan makanan dari dalam tubuh. Ada banyak penyebab muntah pada anak, seperti misalnya: refluks gastroesofagus, infeksi, dan keracunan makanan. Biasanya muntah akan berhenti dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun.

Bila anak muntah, cobalah memposisikan anak agar tidur dengan posisi miring ke samping agar makanan yang dimuntahkan tidak masuk ke dalam saluran pernapasan apalagi paru-paru. Puasakan anak terlebih dahulu (1-2 jam), lalu coba berikan makanan sedikit-sedikit. Bisa dimulai dengan memberikan minum sedikit (kurang lebih 50 cc) setiap setengah jam. Bila anak muntah kembali, hentikan dan puasakan kembali. Bila muntah sudah berhenti, baru dicoba untuk memberikan makanan seperti biasa. Obat-obat untuk muntah tidak perlu diberikan selama dokter belum menganjurkan. Antibiotik pun tidak perlu diberikan selama dokter belum menganggap itu perlu.

Hal yang perlu diperhatikan bila anak mengalami muntah-muntah adalah ada tidaknya tanda-tanda dehidrasi (kekurangan cairan). Untuk mengatasi hal ini diperlukan pemberian cairan yang cukup banyak selama anak masih muntah. Bila muntah terlalu sering, mungkin diperlukan cairan rehidrasi oral (seperti oralit) untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang dari dalam tubuh.

Jika anak terus mengalami muntah selama lebih dari 24 jam tanpa perbaikan yang nyata (dan Anda telah mengikuti anjuran di atas), sebaiknya segera bawa ke dokter. Apabila ada tanda-tanda dehidrasi baik ringan, sedang, atau bahkan berat, segera bawalah anak Anda ke dokter.


12 comments

  1. Vera /

    Anak saya laki laki umur 17 bulan, berat badan 10 kg lebih, dan dia tidak mau makan tambahan selain ASI. Kalau dipaksa makan pasti dimuntahin lagi, sudah dicoba macam-macam makanan tetap saja tidak mau makan, susu formula juga tidak mau, jangankan diminumkan susu, baru dituang ke sendok saja atau kelihatan kita megang sendok dia sudah muntah duluan. Saya sudah bawa ke dokter anak tapi belum ketemu penyebabnya, saya hanya dikasih vitamin. Kalau ini penyakit apa obatnya? Terimakasih.

    • Evita Imelda, M.Psi. /

      Bapak Vera, terima kasih atas pertanyaannya. Memang membingungkan ya menghadapi anak yg kerap muntah saat makan dan minum. Kebiasaan makan adalah sesuatu yang dipelajari, artinya anak harus diajarkan untuk mengenal berbagai macam rasa dan tekstur makanan agar ia terbiasa dengan makanan tersebut. Apabila anak tidak mau makan, jangan menyerah dan coba berikan lagi dengan porsi sedikit. Bisa butuh 15-25 kali seorang anak dikenalkan dengan jenis makanan baru sampai ia terbiasa dan mau untuk makan. Dicoba ya bu, sebab mengingat usia anak sudah 17 bulan, seharusnya ia sudah bisa makan dan juga mendapatkan nutrisi yang seimbang melalui makanan bergizi. Penolakan dari anak, reaksi muntah dsb adalah hal yang wajar dalam proses belajar makan. Apabila masalah masih berlanjut, Ibu dapat berkonsultasi ke psikolog anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
      Jadwal Konsultasi Ibu Evita Imelda, M.Psi.
      yt_9866 4r

  2. anak saya umur 6 tahun. sejak umur 3 tahun jika ingin diajak keluar misalnya ke mall. ke rumah saudara/kemana aja pasti jika pas mau brangkat dia muntah dan itu terjadi hingga sekarang. mohon pencerahanya
    makasi

    • Dr. Rouli Nababan, Sp.A /

      Yth Bp Joko, terima kasih telah menghubungi KiddieCare Centre. Banyak anak yang muntah/mabuk perjalanan sewaktu naik kendaraan, tetapi bila muntah-muntah sudah terjadi sebelum berangkat tentu hal ini sangat mengganggu. Muntah pada anak Bapak bukan terjadi karena goyangan waktu naik kendaraan tetapi terjadi karena merasa khawatir berlebihan akan sesuatu yang mungkin akan terjadi saat naik kendaraan atau gangguan kecemasan.Gangguan ini bisa terjadi karena anak mengalami trauma yang berhubungan dengan naik kendaraan seperti mabuk perjalanan yang mengakibatkan muntah-muntah hebat sebelumnya, sehingga saat akan melakukan perjalanan berikutnya keadaan ini membuat trauma dan mengakibatkan muntah. Bisa juga akibat trauma lain seperti pernah mengalami atau melihat suatu kecelakaan. Pengobatan dilakukan dengan mencari pemicu muntahnya, selain berobat ke dokter anak untuk melihat apakah ada kelainan pada saluran pencernaan, sebaiknya konsultasi ke psikologi anak untuk mengobati trauma.
      Salam,
      Jadwal Praktek Dr. Rouli Nababan, Sp.A
      Dr Rouli Nababan, SpA

  3. adinda razak /

    Dr,,,anak saya 17Bln sudah lama dia selalu muntah jika di hitung dalam 7hr,3 hr dia muntah & 1 hrnya bisa sampai 2x, aku pernah konsul ke DSA, dan saat di cek tidak ada apa2 karena anaknyapun masih ceria,tidak ada gejala demam ataupun diare tapi yang aku khawatirkan takut ada kelainan disalurancerna, krn selama ini dia menggunakan sufor.apakah itu berpengaruh?
    Terimakasih

    • Dr. Harijadi Sp.A /

      Ibu Yth, melihat cerita Ibu bahwa anak Ibu sudah lama sering dan mudah muntah, memang perlu dipikirkan adanya masalah di saluran cerna. Beberapa anak mempunyai masalah pada katup antara tenggorokan dan lambung, yang mana katup tersebut tidak dapat menutup dengan baik sehingga mudah terjadi muntah.
      Sebaiknya Ibu tidak membiarkan hal ini lebih lama dan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak konsultan pencernaan untuk lebih tepatnya.
      Salam, Jadwal Praktek Dr. Harijadi Sp.A
      Dr Harijadi SpA

  4. Anak saya 1,5 thn muntah” terus,stelah muntah dia minta susu,shabis minum susu slalu gelisah dan akhirnya muntah lagi, knp ya Dok? Apakah masuk angin? Krn perutnya bunyi” kdengeran Spt ada angin gitu. Pertolongan pertama apa yg hrs sy lakukan utk memberhentikan muntahnya

    • Dr. Rouli Nababan, Sp.A /

      Halo Ibu Dinda, seperti Ibu baca pada artikel di atas, ada beberapa penyebab muntah pada anak. Muntah-muntah mendadak paling sering disebabkan oleh infeksi. Tidak ada istilah masuk angin dalam dunia kedokteran, Bu.
      Pertolongan pertama bisa diberikan cairan rehidrasi oral (oralit) untuk mencegah dehidrasi, berikan makanan dan minuman sedikit-sedikit dengan frekuensi sering. Segera bawa ke dokter bila tidak ada cairan yang masuk dan tampak tanda-tanda dehidrasi.
      Jadwal Praktek Dr. Rouli Nababan, Sp.A
      Dr Rouli Nababan, SpA

  5. shafyla /

    Dr..anak saya umur 10 bln. Td mlm mda2k muntah stelah minum susu dg takaran Ÿª♌k lbih kental dr aturan.. Hbis itu stiap kali habis dksih minum ato makanan trus muntah dan bawaannya slalu ngantuk..kira2 knp ya dok, gmn solusinya.tx

    • Dr. Harijadi, Sp.A /

      Salam Ibu Shafyla,
      Muntah pada bayi dapat disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah pemberian makanan / minuman dengan volume yang terlalu banyak atau bayi masih kenyang atau tidak disendawakan setelah minum. Ibu yang terhormat, tidak dianjurkan untuk membuat takaran susu lebih kental atau lebih cair dari aturannya. Apabila muntah hanya saat itu, Ibu tidak perlu kuatir, namun apabila cenderung berulang atau lebih mudah muntah pada pemberian susu atau makanan, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter anak Ibu. Salam saya.
      Jadwal Praktek Dr. Harijadi, Sp.A
      Dr Harijadi SpA

  6. Anak sy ber umur 6 th, akhir2 ini sering sekali mengalami muntah, terkadang sehabis makan dia muntah….atau setelah di minumkan susu kata nya mual… Mohon saran dan cara penanggulangan nya dok…. Terimakasih….

    • Dr. Susiana Tendean, Sp.A /

      Yth. Ibu Eka, terima kasih untuk pertanyaannya ya, Bu. Penyakit infeksi saluran pencernaan merupakan penyebab tersering muntah pada anak. Penyebab yang lain adalah Gastroesophageal reflux, Gastritis, dll. Sudah berapa lama anak ibu mengalami muntah?
      Hal-hal yang perlu diperhatikan jika muntah sering terjadi, adalah:
      - Monitor tanda dehidrasi (mulut kering, anak tampak haus),
      - Beri makanan lunak dalam porsi kecil (4-5 sendok) tetapi sering,
      - Hindari makanan yang mengandung kadar lemak tinggi,
      - Jika muntah atau mual masih terjadi segera hubungi dokter terdekat.
      Jadwal Praktek Dr. Susiana Tendean, Sp.A
      Dr Susiana Tendean, SpA

Advertisement