The Place To Satisfy Every Children's Need

Ukuran Kepala Bayi




ukur-lingkar-kepala


Ukuran kepala bagi anak sangat penting, terutama pada bayi untuk memonitor perkembangan dan pertumbuhannya pada bulan-bulan pertama kehidupannya. Pengukuran diameter kepala bayi perlu dilakukan secara berkala. Pada umumnya setiap kunjungan ke dokter anak, maka diameter kepala akan selalu diukur dan kemudian hasilnya akan dimasukkan ke dalam kurva ukuran kepala untuk dinilai apakah kepala bayi termasuk normal, kecil tidak normal (mikrosefali), atau besar tidak normal (makrosefali).

Mikrosefali (ukuran kepala kecil dibanding normal) dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti misalnya genetik, gangguan kromosom, kurangnya pasokan oksigen selama kehamilan, infeksi, kekurangan gizi, sindrom tertentu, ataupun konsumsi obat-obatan pada saat ibu hamil. Penanganan mikrosefali disesuaikan dengan penyebabnya. Hal yang terpenting justru adalah bagaimana mencegah agar mikrosefali tidak terjadi pada anak. Memberikan edukasi pada ibu hamil, skrining infeksi selama kehamilan, dan memperhatikan serta membatasi konsumsi obat-obat tertentu merupakan langkah yang terbaik.

Makrosefali (ukuran kepala besar dibanding normal) cukup sering dijumpai pada bayi. Penyebab tersering adalah hidrosefalus (terkumpulnya cairan di rongga kepala akibat gangguan aliran cairan otak). Penyebab makrosefali lainnya adalah tumor, genetik, volume otak yang besar, ataupun penebalan dari tulang tengkorak kepala. Penanganan makrosefali pun sama dengan mikrosefali, yaitu disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya tersebut.

Pemeriksaan diameter kepala sangat penting bagi bayi. Setiap ketidaknormalan ukuran kepala, yang disadari oleh orangtua atau karena hasil pengukuran berkala, perlu mendapat perhatian lebih dan sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter.


10 comments

  1. Pupun /

    Dear Dokter…
    Anak saya lahir dengan lingkar kepala 39cm, memang saat hamil 23 minggu dokter sudah mendiagnosa ada cairan di kepala anak saya (hidrosepalus), dan ketika umur 10 hari sudah operasi vpshunt. Saat ini usia anak saya 4 bulan 2 minggu dan ukuran kepalanya sudah 45cm, untuk perkembangan alhamdulilah aktif sekali, hanya saja sampai sekarang anak saya belum tengkurap, saya khawatir ada keterlambatan perkembangannya, memang saya perhatikan anak saya agak terlambat untuk motorik kasarnya… apa yang harus saya lakukan untuk membantu stimulasi perkembangan otak dan kemampuan motoriknya? mohon sarannya…
    Terima kasih.

    • Dr. Rouli Nababan, Sp.A /

      Halo Ibu Pupun,
      Stimulasi yang dapat dilakukan sama seperti yang dilakukan pada bayi-bayi normal. Bantu bayi untuk tengkurap dan balik kembali sambil bermain, lakukan hal ini setiap hari sampai bayi dapat melakukannya sendiri. Jangan lupa untuk memantau terus ukuran lingkar kepala setiap bulannya, demikian juga dengan vpshunt yang sudah terpasang agar tidak terjadi sumbatan.
      Salam,
      Jadwal Praktek Dr. Rouli Nababan, SpA
      Dr Rouli Nababan, SpA

  2. Bunda Fiandra /

    Dear Dokter,

    Putri saya usia 17 bulan, perempuan, saat lahir usia cukup bulan dgn BB 2,6kg PB 46cm dan LK 32cm. Saat usia 2minggu terdeteksi PJB ASD, VSD+PDA dan sudah dioperasi saat usia 2,5 bulan. Saat operasi BB hanya 3kg. Pasca operasi anak sy sempat kejang tanpa demam dan dirujuk ke dr syaraf anak. Disana saat diukur LK dikatakan mikrosefal. Anak sy sudah menjalani tes EEG dengan hasil normal dan MRI dengan hasil bagus, tp dokter syarafnya bilang atrofi serebri tanpa menjelaskan lebih lanjut dan detail. Skrg usia 17bln sudah bisa jalan hanya bicaranya yang belum jelas. LK saat ini 40,5cm BB 8kg PB 74 cm. Yang jadi pertanyaan saya apa beda atrofi serebri dengan mikrosefal dok ? Dan bagaimana perkembangannya ke depan ? Dokter syaraf anak saya tidak menyarankan fisioterapi apapun. Terima kasih.

    • Dr. Rouli Nababan, Sp.A /

      Halo Bunda Fiandra,
      Lingkar kepala untuk anak perempuan usia 17 bulan seharusnya antara 44-49 cm. Karena lingkar kepala anak Ibu di bawah 44 cm maka disebut mikrosefali. Salah satu penyebab mikrosefali adalah atrofi serebri yaitu suatu keadaan dimana terjadi penyusutan jaringan otak yang dapat disebabkan sebagai berikut: kekurangan oksigen saat lahir, cacat bawaan atau infeksi otak.
      Pada anak Ibu ada riwayat kejang tanpa demam. Saat kejang, asupan oksigen ke otak berkurang, dan apabila terjadi berulang maka risiko terjadi atrofi serebri makin besar. Selain itu, pada anak Ibu ditemukan adanya kelainan jantung bawaan, sementara jantung adalah organ penting yang memompa darah yang mengangkut oksigen ke otak.
      Perkembangan ke depan tidak dapat diprediksi, tergantung pada seberapa berat atrofi serebri yang terjadi. Bila terjadi keterlambatan perkembangan baru dilakukan fisioterapi, selama perkembangannya masih sesuai dengan usianya, fisioterapi tidak dibutuhkan. Semoga menjawab, ya Bu.
      Jadwal Praktek Dr. Rouli Nababan, Sp.A
      Dr Rouli Nababan, SpA

  3. Ali baba /

    anak saya cantik, perempuan berusia 1,5th , diberikan karunia berupa microsefalus.. apakah ada obat untuk kesembuhannya ? jika tidak ada obat, mohon sharing cara penanganan yang tepat untuk kesembuhannya.
    terima kasih banyak sebelumnya.

    • Dr. Rouli Nababan, Sp.A /

      Terima kasih Bapak telah menghubungi KiddieCare Centre. Mikrosefalus adalah suatu kondisi medis dimana lingkar kepala lebih kecil daripada ukuran normal karena otak tidak berkembang dengan baik atau telah berhenti tumbuh. Mikrosefalus tampak pada saat kelahiran atau mungkin berkembang dalam beberapa tahun pertama kehidupan. Hal ini paling sering disebabkan oleh:
      1.Gangguan kelainan genetik yang mengganggu pertumbuhan korteks serebral selama bulan-bulan awal perkembangan janin,
      2.Selama kehamilan ibu memiliki kebiasaan menyalahgunakan obat-obatan atau alkohol,
      3.Ibu terinfeksi Cytomegalovirus, virus rubela, dan terkena racun bahan kimia tertentu.
      Tidak ada pengobatan untuk Mikrosefalus yang dapat mengembalikan kepala anak ke ukuran normal. Perawatan berfokus pada cara-cara untuk mengurangi dampak neurologis seperti keterlambatan perkembangan dengan memberikan fisioterapi. Sebaiknya anak dengan mikrosefalus ditangani oleh tim dokter anak dan fisioterapis agar tumbuh kembang dapat tercapai lebih maksimal.
      Jadwal Praktek Dr. Rouli Nababan, Sp.A

    • Ali baba /

      dalam masa pertumbuhannya, kepala anak saya ikut bertumbuh. tetapi tidak sebesar lingkar kepala anak normal lainnya, memang agak sedikit lebih kecil, tetapi berkembang dari ukuran semula saat lahir. dia lahir saat usia kandungan masih 7 bulan, dia kembar tetapi adik nya sudah tidak ada sejak dalam kandungan. oleh karna itu terpaksa mengambil tindakan untuk cesar. sejauh perkembangan nya memang pertumbuhannya agak terhambat, kurang fokus terhadap object di sekitarnya. dan pergerakannya terganggu (belum berjalan dan kurang keseimbangan). apakaah ini termasuk dalam ciri-ciri microsefalus? karena apabila diajak bicara anak saya masih bisa berinteraksi (tertawa dll.)
      jika iya mohon berikan penjelasan.
      jika tidak, mohon advice apakah ada cara lain selain fisioterapi? karena saya dulu pernah ke dokter dan impact nya dokter mau meng-operasi kepala anak saya (di bor).

    • Dr. Rouli Nababan, Sp.A /

      Yth Bapak, sekali lagi terima kasih sudah menghubungi KiddieCare Centre. Saat kontrol untuk imunisasi biasanya dokter anak akan mengukur secara rutin lingkar kepala anak dan memplotkan ke kurva pertumbuhan lingkar kepala. Bila perkembangan lingkar kepala masih di antara kurva batas atas dan bawah maka keadaan tersebut disebut normosefalus. Bila di bawah kurva normal disebut mikrosefalus dan bila di atas kurva normal disebut makrosefalus. Keadaan mikrosefalus hanya menandakan kalau lingkar kepala anak Bapak di bawah normal bukan diagnosis suatu penyakit.
      Gangguan pertumbuhan pada anak dengan mikrosefalus berbeda-beda tergantung apa penyebab mikrosefalusnya. Lebih baik Bapak mencari terlebih dahulu apa penyebab mikrosefalus pada anak Bapak agar dapat ditentukan terapi apa yang terbaik. Pengobatan biasanya diberikan sesuai dengan keterlambatan apa yang ditemukan dan kelainan apa yang ditemukan.
      Jadwal Praktek Dr. Rouli Nababan, Sp.A

  4. dibilang normal jika diameter kepala bayi berapa ya?

    • Dr. Rouli Nababan, Sp.A /

      Yth. Bapak/Ibu, terima kasih untuk pertanyaan Anda. Ukuran lingkar kepala bayi baru lahir normalnya berkisar antara 30-37 cm. Lingkar kepala ini akan bertambah 2 cm per bulan pada usia 0-3 bulan. Selanjutnya di usia 4-6 bulan akan bertambah 1 cm per bulan dan pada usia 6-12 bulan pertambahannya 0,5 cm per bulan.
      Angka-angka tersebut bervariasi sesuai dengan usia dan jenis kelamin seperti yang terlihat di kurva perkembangan lingkar kepala menurut Nellhaus (bisa Anda lihat di paspor/buku berobat bayi). Bila ukuran lingkar kepala kurang atau lebih dari normal perlu diwaspadai.
      Jadwal Praktek Dr. Rouli Nababan, Sp.A

Advertisement