The Place To Satisfy Every Children's Need

Persistensi Gigi Susu




persistensi-gigi-susu-1

Persistensi gigi susu adalah suatu keadaan gigi susu masih berada di mulut / belum lepas, tetapi gigi tetap yang akan menggantikannya sudah tumbuh. Pada keadaan persistensi, terkadang gigi susu juga tidak goyang. Hal ini bisa kita temukan pada gigi mana saja, tetapi seringkali orang tua menemukan gigi depan rahang bawah yang terlihat bertumpuk (bisa dilihat pada gambar).

Beberapa faktor penyebab persistensi pada gigi susu yaitu:

  1. Resorpsi akar gigi susu yang lambat. Hal ini bisa dikarekanakan gangguan nutrisi, hormonal atau gigi berlubang besar dengan indikasi perawatan saraf yang tidak dirawat.
  2. Posisi abnormal benih gigi tetap / arah tumbuh gigi tetap tidak searah dengan arah tumbuh gigi susu yang akan digantikannya.
  3. Ketidakcukupan tempat bagi gigi tetap yang akan tumbuh menggantikan gigi susu. Dengan demikian gigi tetap mengarah kepada tempat yang kosong, bisa di depan atau belakang gigi susunya.

persistensi-gigi-susu-2

Pada persistensi gigi susu, dokter gigi akan melakukan pencabutan terhadap gigi susu tersebut. Bila sudah terlihat bertumpuk/ bersusun, segera bawa anak anda ke dokter gigi. Tidak disarankan untuk menunggu hingga gigi susu tersebut lebih goyang lagi atau bahkan hingga tumbuh seluruhnya.

Bila segera dilakukan pencabutan, terdapat kemungkinan gigi tetap akan bergerak ke posisi ideal (kadang dibantu didorong dengan lidah) jika posisi memungkinkan dan tersedia tempat untuk gigi tersebut. Terkadang posisi gigi hanya sedikit berubah dan masih terlihat berjejal, sehingga diperlukan perawatan orthodontic (kawat) untuk merapihkan gigi sekaligus mengembalikan fungsi pengunyahan. Waktu yang tepat untuk perawatan orthodontic berbeda untuk masing – masing kasus.

Bila persistensi dibiarkan, dapat menyebabkan gangguan fungsi pengunyahan, gangguan pertumbuhan rahang dan tentunya susunan gigi menjadi tidak estetik.

drg_agnes_resized

Drg. Agnes Linggriani

KiddieDentist

Informasi Jadwal Praktek



Leave a Reply

Advertisement