The Place To Satisfy Every Children's Need

Susunan Gigi Susu



Susunan Gigi Susu Yang Baik

gigi-susu-baik-edited

Gigi susu akan lengkap 20 buah pada saat anak berumur kurang lebih 2,5 tahun. Gigi susu biasanya akan tanggal mulai usia kurang lebih 6 tahun dan digantikan gigi permanen. Ketika periode gigi susu, dijumpai adanya spacing / celah antar gigi. Celah ini bertujuan untuk mempersiapkan tempat bagi gigi permanen yang akan tumbuh, dimana gigi permanen berukuran lebih besar daripada gigi susu.

gigi-susu-tdk-baik_edited

Susunan gigi yang rapat / berjejal memang jarang ditemukan pada periode gigi susu. Tetapi bila hal tersebut terjadi, kemungkinan gigi pemanennya akan tumbuh berjejal karena tempat tidak cukup.

Periksakan anak Anda untuk mengetahui apakah susunan giginya baik, guna mencegah kemungkinan berjejal di kemudian hari.

drg_agnes_resized

Drg. Agnes Linggriani

KiddieDentist

Informasi Jadwal Praktek


10 comments

  1. pressy maya /

    Pagi Dokter, anak saya usia 6 tahun gigi permanen sudah tumbuh di belakang gigi susu, bagaimana ya Dokter? Saya bawa ke puskesmas tidak disarankan untuk dicabut, dibiarkan saja nanti gigi susunya tanggal sendiri. Bagaimana menurut Dokter? Saya bingung karena ini pengalaman pertama saya.

    • Drg. Agnes Linggriani /

      Terima kasih telah menghubungi website kami. Keadaan persistensi seperti ini (bisa Ibu baca di artikel Persistensi Gigi Susu) harus dilakukan pencabutan karena gigi susu yang belum lepas akan menjadi penghalang untuk gigi tetapnya bisa maju ke arah depan. Bila dibiarkan, terkadang memang gigi susunya dapat lepas sendiri, tetapi dalam waktu yang tidak singkat sehingga gigi tetap yang telah tumbuh di belakangnya akan mencapai posisi tumbuh sempurna dan posisinya tidak dapat maju ke depan. Bila hal ini terjadi, susunan gigi akan maju-mundur/berantakan, dimana hal ini dapat mengganggu estetik dan fungsi pengunyahan.
      Jadwal Praktek Drg. Agnes Linggriani
      drg_agnes_resized

  2. Bunda Syahzad /

    Dokter, mau tanya nih anak saya 17 bulan laki-laki susunan giginya sekarang kalau di gambar termasuk susunan gigi yg tidak baik itu, rapih dan tidak ada celah, sekitar usianya 12 bulan masih ada celah namun sekarang malah merapat seperti itu. Apakah giginya akan baik-baik saja ketika tumbuh gigi permanennya? Satu pertanyaan lain, apakah gigi permanen itu tumbuh ketika gigi susu tanggal? bagaimana kalau gigi susu tidak tanggal?

    • Drg. Agnes Linggriani /

      Terima kasih Bunda Syahzad telah menghubungi website kami. Susunan gigi anak ibu masih ada celah ketika usia 12 bulan, celah hilang ketika 17 bulan. Perlu diperhatikan apakah memang posisi gigi yang tumbuh paling terakhir merapat ke gigi yang sebelumnya. Jika hal itu yang terjadi, ini adalah karena posisi/letak benih gigi susu yg berdekatan. Hal ini tidak dapat kita cegah. Untuk mengoptimalkan perkembangan rahang agar celah yang ada tidak menyempit, ibu dapat memberikan makanan yang berserat seperti daging, sayur dan buah agar gerakan mengunyah dapat diperbanyak. Bila perkembangan rahangnya baik, umumnya gigi tetap akan memiliki cukup tempat untuk tumbuh, sehingga tidak terjadi gigi yang berjejal.
      Menjawab pertanyaan kedua, bila gigi susu tidak tanggal dan gigi permanennya telah tumbuh di belakangnya (untuk gigi depan) atau di sampingnya (untuk gigi belakang), dokter gigi harus melakukan pencabutan terhadap gigi susu tersebut.
      Jadwal Praktek Drg. Agnes Linggriani
      drg_agnes_resized

  3. nonna anna /

    Dokter Agnes, anak saya usia 6 bulan 3 minggu. Gigi seri tengah rahang bawahnya sudah tumbuh (2 gigi) tapi susunannya rapat, tidak ada jarak. Setelah itu gigi seri rahang atasnya tumbuh 1 tapi kok yang tumbuh bagian gigi seri samping, ya dokter, bukan di tengah? Apakah pertumbuhannya itu normal dokter?

    • Drg. Agnes Linggriani /

      Terima kasih Ibu telah mengunjungi website kami. Gigi anak Ibu tumbuh secara normal. Posisi yang rapat pada gigi bawah maupun atas memang dapat terjadi ketika posisi benih kedua gigi tersebut berdekatan. Hal ini tidak dapat kita cegah.
      Mengenai gigi seri atas yang samping tumbuh terlebih dahulu, memang seharusnya gigi seri atas tengah tumbuh terlebih dahulu dibandingkan yang samping. Tetapi bila memang yang samping tumbuh terlebih dahulu, tidak apa-apa karena itu merupakan variasi normal. Atau bisa jadi, itu adalah gigi seri yang tengah, tetapi posisinya lebih ke samping. Bila Ibu ingin memastikan, Ibu dapat memeriksakan anak Ibu ke dokter gigi anak.
      Jadwal Praktek Drg. Agnes Linggriani
      drg_agnes_resized

  4. veronica /

    Anak saya laki-laki, 2 tahun 7 bulan, beberapa hari yang lalu mengeluhkan sakit gigi bagian depan dan mulai terlihat keropok, karena kebiasaan minum susu pakai dot setiap malam dan susah sekali sikat gigi. Hari ini, gigi depannya putus/tanggal. Apakah normal, 2 tahun 7 bulan, gigi nya sudah putus ?

    • Drg. Agnes Linggriani /

      Bu Veronica, gigi depan umumnya akan tanggal pada usia 5-7 tahun. Dari yang ibu deskripsikan, sepertinya gigi anak ibu tidak tanggal seluruhnya tetapi patah mahkota giginya karena keropos dan masih tersisa bagian akar gigi di dalam gusi. Bila hal ini yang terjadi, anak anda memerlukan perawatan saraf gigi atau bahkan pencabutan gigi tersebut. Segera konsultasikan anak anda ke dokter gigi anak.
      Mengenai sikat gigi yang sulit, untuk anak usia 2th 7bln memang harus dibiasakan dan dilakukan oleh orang tuanya. Bila mau minum susu malam hari, setelah itu harus sikat gigi dan penggunaan dot sebaiknya dihentikan. Tidak cuma gigi depan yang dikhawatirkan, bila kebiasaan ini berlanjut gigi belakang juga akan berlubang. Perlu diketahui bahwa gigi belakang akan digantikan gigi permanen di usia 10-11th.
      Salam hangat.
      Jadwal Praktek Drg. Agnes Linggriani
      drg_agnes_resized

  5. victor /

    Anak saya laki laki 6,5 tahun gigi nya rapat-rapat sekali bahkan sekarang berantakan yang depan. Masalahnya tumbuh gigi 1 lagi di belakang gigi seri jadi sangat mengganggu makan si anak karena jadi sulit untuk mengunyah, mungkin kena lidahnya sehingga sulit makan. Dokter gigi pun tidak jelas apakah itu gigi lebih atau bukan walaupun sudah rontgen panoramic sehingga ragu utk penanganannya. Bagaimana solusi nya? Terima kasih.

    • Drg. Agnes Linggriani /

      Halo Bapak Victor,
      Susunan gigi yang terlalu rapat atau bahkan bertumpuk memang dapat menyebabkan anak menjadi tidak mau makan karena anak merasa tidak nyaman. Mohon diingat kembali, gigi yang tumbuh di belakang gigi seri itu kapan tumbuhnya. Bila di atas usia 5 tahun, kemungkinan itu adalah gigi permanen. Mengenai gigi lebih atau bukan, dari panoramic harusnya bisa kita lihat. Bila memang gigi lebih dan itu mengganggu, kemungkinan besar gigi tersebut perlu dicabut. Untuk memastikan diagnosa dan penanganan yang tepat, konsultasikan kasus anak Bapak ke dokter gigi khusus anak agar masalah gigi anak Bapak dapat teratasi secepatnya.
      Salam hangat.
      Jadwal Praktek Drg. Agnes Linggriani
      drg_agnes_resized

Advertisement